Kepulauan di Brazil Ini Hanya Terima Turis Asing yang Pernah Kena Covid-19

Kompas.com - 03/09/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi Brazil - Kepulauan bernama Fernando de Noronha di negara bagian Pernambuco. SHUTTERSTOCK / MARCOSVELLOSOIlustrasi Brazil - Kepulauan bernama Fernando de Noronha di negara bagian Pernambuco.

KOMPAS.com – Sebuah kepulauan di Brazil yang masuk dalam negara bagian Pernambuco, Fernando de Noronha, mengizinkan wisatawan yang pernah positif Covid-19 dan sudah sembuh.

Melansir Insider, Selasa (1/9/2020), hal tersebut teretera dalam situs resmi negara bagian yang menjadi tuan rumah bagi Fernando de Noronha, taman nasional dan bagian dari situs warisan dunia UNESCO.

Situs tersebut menyebutkan, wisatawan harus membuktikan bahwa mereka pernah positif Covid-19 dan mengirim satu dari dua tes yang diambil lebih dari 20 hari sebelum kedatangan.

Adapun tes yang dimaksud adalah tes PCR positif atau tes serologi positif yang lebih dikenal sebagai tes antibodi.

Ilustrasi Brazil - Kepulauan bernama Fernando de Noronha di negara bagian Pernambuco.SHUTTERSTOCK / FABRICIO TRAVASSOS Ilustrasi Brazil - Kepulauan bernama Fernando de Noronha di negara bagian Pernambuco.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tes PCR merupakan tes molekuler yang menunjukkan apakah seseorang memiliki infeksi virus Covid-19 yang aktif.

Sementara tes antibodi memeriksa apakah sistem kekebalan seseorang telah menciptakan antibodi khusus untuk melawan virus.

Baca juga: Iguazu Falls, Saingan Air Terjun Niagara di Perbatasan Brazil dan Argentina

“Antibodi bisa membutuhkan beberapa hari atau minggu untuk berkembang setelah Anda mengalami infeksi dan mungkin tetap berada dalam darah selama beberapa minggu atau lebih usai pemulihan,” seperti yang dinyatakan CDC, mengutip Insider.

Terkait batas 20 hari sebelum kedatangan, batas tersebut artinya wisatawan yang pernah positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh.

Ilustrasi Brazil - Kepulauan bernama Fernando de Noronha di negara bagian Pernambuco.SHUTTERSTOCK / MONTENEGROSTOCK Ilustrasi Brazil - Kepulauan bernama Fernando de Noronha di negara bagian Pernambuco.

Administrator Fernando de Noronha Guilherme Rocha menuturkan, melalui sebuah konferensi pers yang dikutip dari Stuff.co.nz oleh Insider, pembukaan kembali tersebut merupakan tahap pertama.

“Dalam tahap pertama pembukaan kembali, hanya wisatawan yang pernah memiliki Covid-19, telah sembuh, dan kebal terhadap penyakit saja yang akan diizinkan karena mereka tidak bisa menularkan atau terinfeksi kembali,” ujar Rocha.

Menurut John Hopkins Coronavirus Resource Center, Brazil memiliki 3.862.311 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan 120.828 kematian akibat virus tersebut.

Sementara itu, menurut Reuters yang dikutip oleh Insider, Fernando de Noronha memiliki 93 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan nol angka kematian per 30 Agustus 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X