Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2021, 14:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya berencana untuk menyediakan program staycation bagi tenaga kesehatan (nakes) di seluruh daerah.

Untuk informasi, dilansir dari Kompas.com, Senin (27/7/2020), staycation dapat diartikan sebagai kegiatan liburan di lokasi yang tak jauh dari rumah. 

"Akan diperluas ke seluruh daerah, tadinya hanya di Jawa dan Bali saja," jelas Sandiaga saat konferensi pers di Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (27/10/2021).

Ia melanjutkan, nantinya para nakes dapat mengakses program tersebut melalui surat rekomendasi yang diajukan oleh pihak rumah sakit.

"Yang mengajukan (para nakes untuk staycation) adalah daerah rumah sakit vertikal ke kami, kami sudah sosisalisasi ke bupati," katanya. 

Baca juga:

Terkait apa yang akan ditawarkan dalam program tersebut, dia menuturkan, hal tersebut berdasarkan paket wisata yang akan digodok oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan pelaku pariwisata.

Sebagai contoh, ada staycation yang menawarkan program menginap di hotel termasuk fasilitas makan, minum, dan transportasi.

"Ada mungkin nanti kalau dikembangkan, akan melibatkan wisata ke Arborek. Kita serahkan ke Pemda karena mereka yang paling mengerti keadaan dan kebutuhan para nakes," ujarnya.

Untuk tujuan wisata yang akan dikunjungi melalui paket staycation, hal tersebut juga akan dibahas oleh Pemda dan pelaku pariwisata dari masing-masing daerah.

Istirahat melalui program staycation

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Arborek di Papua Barat, Rabu (27/10/2021).KOMPAS.com/Nabilla Ramadhian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Arborek di Papua Barat, Rabu (27/10/2021).

Sandiaga mengatakan bahwa saat ini situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang melanda sedang dalam keadaan landai.

Alhasil, menurutnya, hal ini memungkinkan para nakes untik istirahat sejenak. Salah satunya istirahat melalui program staycation yang sedang direncanakan.

Melansir Kompas.com, Sabtu (23/10/2021), dia mengatakan bahwa program ini juga bagian dari program reaktivasi industri pariwisata melalui penyediaan akomodasi, fasilitas pendukung lainnya, serta sarana transportasi bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, kegiatan reaktivasi ini memiliki multiplier effect. Misalnya terjadinya kenaikan okupansi hotel sebesar 40 persen.

Baca juga:

Dengan begitu, ujar Sandiaga, hal ini dapat memberi dampak mempekerjakan kembali karyawan yang telah dirumahkan. Baik yang berasal dari industri perhotelan maupun moda transportasi darat.

"Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung pada kegiatan reaktivasi industri sebanyak kurang lebih 8.600 orang," ujarnya. 

"Dan adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor akomodasi perhotelan dan transportasi darat yang berasal dari pajak perusahaan," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com