Kompas.com - 18/05/2022, 16:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan rencananya membuat festival olahraga berskala nasional hingga internasional, untuk membangkitkan sport tourism atau pariwisata olahraga Indonesia.

Hal tersebut sesuai arahan Wakil Presiden H Maaruf Amin dalam rapat terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wapres Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

"Festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Selasa (17/05/2022).

Baca juga: Cara Perancis Manfaatkan Acara Olahraga untuk Promosi Produk Lokal

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa festival olahraga yang dirancang dibuat tidak hanya untuk masyarakat sekitar, tetapi juga untuk wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

"Nanti ini akan dirancang festivalnya juga untuk menggerakkan ekonomi nasional, jadi mereka tidak hanya lari dan sepedaan, tapi juga beli produk kreatif lokal,” ujar Menparekraf.

Sandiaga menyatakan, dirinya akan mendorong masyarakat Indonesia agar "demam" berolahraga.

Baca juga:

Sehingga, masyarakat dapat turut serta dalam mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi.

"Olahraga rekreasi ini kita harapkan akan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional," ujarnya.

Daftar kegiatan sport tourism yang digelar

Ilustrasi sport tourism.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi sport tourism.

Sebagai informasi, beberapa perhelatan sport tourism yang akan digelar tahun ini, yakni:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.