Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2022, 16:17 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan rencananya membuat festival olahraga berskala nasional hingga internasional, untuk membangkitkan sport tourism atau pariwisata olahraga Indonesia.

Hal tersebut sesuai arahan Wakil Presiden H Maaruf Amin dalam rapat terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wapres Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

"Festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Selasa (17/05/2022).

Baca juga: Cara Perancis Manfaatkan Acara Olahraga untuk Promosi Produk Lokal

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa festival olahraga yang dirancang dibuat tidak hanya untuk masyarakat sekitar, tetapi juga untuk wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

"Nanti ini akan dirancang festivalnya juga untuk menggerakkan ekonomi nasional, jadi mereka tidak hanya lari dan sepedaan, tapi juga beli produk kreatif lokal,” ujar Menparekraf.

Sandiaga menyatakan, dirinya akan mendorong masyarakat Indonesia agar "demam" berolahraga.

Baca juga:

Sehingga, masyarakat dapat turut serta dalam mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi.

"Olahraga rekreasi ini kita harapkan akan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional," ujarnya.

Daftar kegiatan sport tourism yang digelar

Ilustrasi sport tourism.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi sport tourism.

Sebagai informasi, beberapa perhelatan sport tourism yang akan digelar tahun ini, yakni:

  • Borobudur Marathon 2022, berupa Audax (lomba sepeda jarak jauh 200-600 km) yang digelar di beberapa kota. Seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung.
  • Ocean Man 2022, yakni ajang kompetisi berenang di perairan Pantai Muaya di Bali, yang akan dilaksanakan pada Juli 2022.
  • Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022, dan kegiatan Belitung Triathlon pada akhir bulan Mei 2022.

"Samosir Lake Toba Ultra ini merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia,” ujar Sandiaga.

"Dan belum lama ini, saya juga baru saja mengikuti Bali Trail Run, para pelari lari dengan jalur lava hitam yang eksotis dengan latar belakang Gunung Batur. Ini menjadi pemandangan tersendiri bagi para pelari trail running,” ia menambahkan.

Baca juga: Lomba Lari Lintas Alam, Salah Satu Cara Bangkitkan Sport Tourism

Ilustrasi sport tourism.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi sport tourism.

Selain itu, ada juga beberapa festival olahraga dalam skala besar yang akan diadakan.

Diantaranya seperti FIBA Asia Cup atau Kejuaraan Konfederasi Basket Asia pada 12-24 Juli 2022, dan juga World Superbike pada 11-23 November 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com