Kompas.com - 22/11/2022, 18:38 WIB

KOMPAS.com - Saat naik pesawat, pernahkah kamu melihat penumpang yang langsung berdiri meski pesawat baru mendarat, lampu tanda sabuk pengaman masih menyala, atau pintu keluar pesawat masih ditutup?

Tindakan yang juga dikenal sebagai queue jumper ini masuk 10 besar tindakan penumpang pesawat paling mengganggu, berdasarkan studi tahun 2017 dari perusahaan perjalanan wisata daring Expedia

Baca juga:

Menurut psikolog Gaynor Parkin, tindakan ini memberi ilusi akan kendali dalam situasi yang tidak terkendali, misalnya keyakinan bahwa dengan berdiri lebih awal maka seorang penumpang bisa keluar dari pesawat lebih cepat.

Ada juga penumpang yang lebih nyaman berdiri dibanding duduk dan menunggu, yang terasa seperti buang-buang waktu.

"Anda selalu ingin pindah ke hal selanjutnya... Anda mau keluar dari pesawat dan melanjutkan hari Anda," tutur Parkin, dikutip dari stuff.co.nz, Selasa (22/11/2022).

Tidak hanya itu, terdapat pula penumpang yang dilanda kecemasan dan sangat ingin keluar dari pesawat secepatnya.

"Sebagai psikolog selama 30 tahun terakhir, saya tahu soal fobia pesawat dan orang-orang yang mengalami panic attack (serangan panik) ketika berada di tempat ramai sangat umum terjadi," ujar CEO Umbrella Wellbeing ini. 

Baca juga: 2 Tindakan yang Harus Dilakukan jika Bagasi Nyasar Saat Naik Pesawat

Terakhir, ada juga tipe penumpang yang langsung berdiri saat pesawat baru mendarat karena merasa itu adalah hak mereka. Penumpang tipe ini umumnya berpikir mereka spesial sehingga mereka pantas keluar pesawat lebih dulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.