Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Sebaiknya Menurunkan Sandaran Kursi di Pesawat?

Kompas.com - 23/11/2023, 14:58 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pada awal November 2023, beredar video pertengkaran sesama penumpang sebuah pesawat akibat sandaran kursi. 

Dilansir dari News.com.au, Kamis (23/11/2023), salah seorang penumpang tidak terima kursi di depannya disandarkan sehingga ia mendorong kursi tersebut. 

Baca juga: Bolehkah Menaruh Barang di Bawah Kursi Pesawat? Ketahui Aturannya

Namun, penumpang yang duduk di depannya merasa bahwa ia berhak menurunkan sandaran kursi dan tidak terima kursinya didorong oleh penumpang di belakangnya.

Berangkat dari peristiwa tersebut, perlu diketahui bahwa sandaran kursi di pesawat umumnya bisa disandarkan.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, kapan sebaiknya sandaran kursi diturunkan agar tidak menimbulkan keributan dengan penumpang lainnya?

Baca juga:

Bertanya terlebih dahulu

Duduk lama di kabin pesawat bisa menyebabkan kaki bengkak.SHUTTERSTOCK Duduk lama di kabin pesawat bisa menyebabkan kaki bengkak.

Sebelum menyandarkan kursi pesawat, harap diingat bahwa kabin pesawat bukanlah ruang yang luas. Para penumpang pun harus saling berbagi ruang. 

Ahli etiket dan pemilik The Protocol School of Texas, Diane Gottsman menyarankan, penumpang mengecek terlebih dahulu situasi penumpang yang duduk di belakangnya. 

"Jika Anda ingin menurunkan sandaran kursi, penting untuk melihat ke belakang dahulu jika ada lutut seseorang yang di atas kursi, jika meja nampan diturunkan, jika mereka menaruh makanan di meja tersebut," ujar Gottsman, dikutip dari CNN, Kamis (23/11/2023).

Tidak hanya itu, penumpang juga dianjurkan memerhatikan jenis pesawat dan penerbangan yang mereka naiki. 

Dilansir dari Travel and Leisure, penerbangan pagi hari umumnya berisi penumpang yang hendak bekerja sehingga ada kemungkinan mereka akan meletakkan laptop di atas meja nampan.

Sementara itu, saat penerbangan malam hari, biasanya penumpang ingin beristirahat sehingga kemungkinan besar mereka juga akan menurunkan sandaran kursi.

Sebelum menurunkan sandaran kursi, penumpang juga bisa memberitahu pelaku perjalanan yang duduk di belakangnya terlebih dahulu.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com