Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kegiatan Asyik di Kedai Pojok Tegalmulyo, Klaten, Apa Saja?

Kompas.com - 21/02/2021, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, bersantai pada sore hari sambil menikmati secangkir kopi dan melihat pemandangan indah adalah sesuatu yang menyenangkan.

Pengalaman seperti itu dapat ditemukan di Kedai Pojok yang jaraknya cukup dekat dengan Gunung Merapi tersebut.

Pengelola Kedai Pojok R Mulyanto E yang akrab disapa Mulyanto, mengatakan bahwa wisatawan yang datang ke sana kerap memesan kopi Merapi Sapuangin.

Baca juga: 5 Sudut Instagramable di Candi Plaosan Lor Klaten, Cocok untuk Foto

“Karena mungkin kita letaknya dekat dengan Gunung Merapi, kawan-kawan yang datang lebih pilih Kopi Merapi Sapuangin yang ditanam di sini,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2021).

Adapun, biji kopi tersebut berasal dari para petani setempat yang membudidayakannya. Mulyanto menuturkan bahwa pihaknya sengaja tidak membeli biji kopi dari luar.

“Supaya pelanggan yang datang ke Kedai Pojok dapat kesan yang lebih. Minum kopi (dari masyarakat setempat) sambil melihat Gunung Merapi,” ujarnya.

Baca juga: 4 Umbul yang Cantik dan Menyegarkan di Klaten, Jawa Tengah

Selain menikmati secangkir kopi Merapi Sapuangin, kamu juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya di Kedai Pojok. Apa saja?

Ini dia enam kegiatan asyik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Kedai Pojok yang telah Kompas.com rangkum:

1. Lihat pemandangan Gunung Merapi

Kedai Pojok berlokasi lebih kurang 5 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi. Hal tersebut membuat pemandangan gunung terlihat sangat jelas.

Jika ingin mendapat pemandangan yang apik, kamu bisa pilih area duduk yang berada pada undakan paling atas.

Gunung Merapi dilihat dari udara di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Merapi dilihat dari udara di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Kalau beruntung, bisa lihat kabut turun kalau cuaca mendung tapi enggak hujan. Antara jam 07.00-10.00 WIB dan 13.00-17.00 WIB,” kata Mulyanto.

Baca juga: Cuma di Klaten, Bukit Broken Heart...

Meski Kedai Pojok terletak cukup dekat dengan puncak Gunung Merapi, lokasinya berada pada jarak aman ,sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Selain itu, lanjut Mulyanto, tempat makan tersebut letaknya sangat dekat dengan titik kumpul sementara para warga yang tinggal di jarak yang sangat dekat dengan puncak gunung.

“Saya juga tergabung di relawan Merapi Tegalmulyo. Untuk status Merapi, saya bisa dapat informasinya untuk mengira-ngira kapan kedai ditutup dulu atau dibuka, saya bisa cari tahu,” ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com